basecamp

5 Perguruan Tinggi Jadi Percontohan Kampus Hijau

Kementerian Lingkungan Hidup menunjuk lima perguruan tinggi negeri menjadi percontohan pelaksanaan kampus hijau. Lima kampus itu adalah Universitas Pattimura Ambon, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Universitas Hasanuddin Makassar, Universitas Cendrawasih Jayapura, dan Universitas Diponegoro Semarang.

“Sementara lima kampus dulu. Lainnya bertahap mengikuti,” kata Menteri Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya seusai meresmikan UNS menjadi percontohan kampus hijau, Rabu, 6 Maret 2013. Dia meminta secara bertahap seluruh universitas di Indonesia juga menjadi kampus hijau.

Berikut view kampus-kampus tersebut :

1. Universitas Pattimura Ambon


2. Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta


3. Universitas Hasanuddin Makassar


Danau Universitas Hasanuddin Makassar.
4. Universitas Cendrawasih Jayapura


5. Universitas Diponegoro Semarang


Balthasar mengatakan, tujuan pelaksanaan kampus hijau untuk mengintegrasikan tridarma perguruan tinggi dalam melestarikan dan melindungi lingkungan hidup. Kampus hijau yang sudah terbentuk akan menjadi pusat kegiatan dan pemberdayaan pemangku kepentingan untuk mencegah pencemaran dan kerusakan lingkungan.

Asisten Deputi Bidang Peningkatan Peran Lembaga Masyarakat Kementerian Lingkungan Hidup, Dodo Sambodo, mengatakan, kelima universitas percontohan kampus hijau itu akan dipantau selama setahun ke depan. Tiap universitas diharapkan membuat program bertema ramah lingkungan. “Mana yang paling bagus, akan kami beri penghargaan,” katanya.

Rektor UNS Surakarta Ravik Karsidi mengatakan, tahun ini akan menanam sekitar 5.000 pohon di beberapa lokasi di kampus. Dia juga akan menghibahkan lahan seluas 1 hektare untuk dijadikan ruang terbuka hijau milik pemerintah Surakarta.

“Kami berupaya menjaga kelestarian dan ekosistem. Misalnya, dengan melarang siapa pun dan dengan cara apa pun menangkap ikan dan burung yang ada di area kampus,” katanya. 


(tempo/6/3/13)

Share on Google Plus

About Unknown

Petualang muda yang suka apa saja kecuali belajar berhitung, jatuh cinta dunia Petualangan dan Alam Indonesia. Juga seorang pengagum pohon Bambu dan bunga Dandelion.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: