basecamp

Riset Mahasiswa IPB Hasilkan Energi Listrik Dari Limbah Terasi

Riset Mahasiswa IPB Hasilkan Energi Listrik Dari Limbah Terasi 


Penelitian yang dilakukan mahasiswa Departemen Biokimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (F-MIPA) IPB menghasilkan temuan limbah cair organik dari terasi dapat menghasilkan energi listrik. 

"Penelitian itu dilakukan dalam bentuk Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) berjudul 'Pemanfaatan Limbah Cair Industri Terasi di Kabupaten Cirebon Sebagai Penghasil Energi Listrik'," ujar Kepala Humas IPB Ir Henny Windarti, MS.i di Bogor, Jawa Barat.
Penelitian yang dikoordinir Silvikasari itu, beranggotakan sejawatnya Heryani, Osy Yostia Utami, Qatrunnada, dan Haribowo melakukan penelitian tersebut dengan menggunakan limbah cair terasi yang diambil dari sebuah perusahaan terasi di Kabupaten Cirebon. Menurut Silvikasari, limbah cair terasi, merupakan salah satu limbah organik yang diperoleh sebagai hasil samping pengolahan terasi. 

"Salah satu energi alternatif yang mampu diproduksi dalam waktu yang relatif singkat adalah dengan memanfaatkan limbah cair organik dari terasi," katanya. Dikemukakan pula oleh Silvika bahwa limbah cair terasi itu masih mengandung nutrisi, seperti protein, karbohidrat, dan bahan-bahan lainnya, yang dapat dimanfaatkan bagi pertumbuhan mikroba. "Mikroba inilah yang kemudian akan dimanfaatkan untuk memproduksi energi listrik," jelasnya. 

(KF-EDU/Vey/Antara)
Share on Google Plus

About Unknown

Petualang muda yang suka apa saja kecuali belajar berhitung, jatuh cinta dunia Petualangan dan Alam Indonesia. Juga seorang pengagum pohon Bambu dan bunga Dandelion.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: