basecamp

Mengenal Dari Dekat "Rainbow Warrior"

"Rainbow Warrior kapal pertama dalam armada kami yang dirancang dan dibangun khusus untuk Greenpeace. Rainbow Warrior tidak hanya salah satu kapal yang paling ramah lingkungan yang pernah dibuat, tetapi juga mimpi dari sebuah kampanye. Kami sangat bahagia akhirnya kini kami bisa berlayar bersama untuk mewujudkan masa depan yang lebih hijau dan damai." Greenpace.
Setelah 22 tahun tak kenal lelah berada di garis depan kampanye, Rainbow kedua memasuki waktu pensiun dari tugasnya di  Greenpeace pada tanggal 16 Agustus 2011.

Kapal Ranbow Warrior kedua - yang menggantikan Rainbow Warrior pertama yang dibom pada tahun 1985 – saat berkampanye menghentikan uji coba nuklir di Pasifik, memblokir pelabuhan batubara dan menghentikan operasi penangkapan ikan yang merusak.

Ini adalah sebuah warisan yang sangat membanggakan - dan Rainbow Warrior ke tiga, yang mulai operasi pada 14 Oktober 2011 , sangat siap untuk mengawal kampanye Greenpeace lebih dari kapal greenpeace sebelumnya.

Kapal Rainbow Warrior. foto : greenpeace.
Tujuan membuat sebuah kapal untuk kampanye
Sejak ekspedisi pertama Greenpeace bergerak dengan sebuah kapal nelayan yang tua dan bobrok, Mengandalkan kapal yang ada dengan memfungsikan dan memenuhi kebutuhan kita. Dengan sebuah kapal Rainbow Warior yang baru, Kami memiliki kesempatan untuk memulai dengan sebuah kanvas kosong untuk pertama kalinya.

Sebuah kapal cepat dan dapat di handalkan
Rainbow Warrior yang baru sangat cepat sama seperti kapal industri, dengan perahuaksi yang dapat di tempuh dalam hitungan menit – bahkan pada keadaan tinggi gelombang 3,5 meter. Dengan landasan helicopter membuat kami bisa menambah mata penting di langit. Dan sangat penting untuk beroperasi di tempat-tempat penangkapan ikan illegal dan pelabuhan kapal penghasil kayu illegal. 

Sebuah dasar untuk ilmu pengetahuan
Rainbow Warrior kedua ini dapat membawa peralatan hingga 8 ton. Kapal ini dirancang sehingga para ilmuwan dapat bekerja dengan nyaman di kapal. Dengan dukungan penelitian secara ilmiah kami mencoba membantu membangun pemahaman tentang apa yang terjadi pada ekosistem planet kita.

Pusat komunikasi terapung
Sistem satellite komunikasi yang berada di kapal – dilengkapi aliran langsung ke pusat satelit  -  Rainbow Warrior baru ini mampu menampilkan video siaran langsung dari lokasi kejahatan lingkungan langsung ke media di dunia.

Sebuah contoh gemilang membangun kapal ramah lingkungan
Kami ingin Rainbow Warrior ketiga sebisa mungkin menjadi kapal yang ramah lingkungan untuk ditingkat tipe kapal yg seperti ini dan Greenpeace telah bekerja sama  dengan beberapa insinyur yang sangat dahsyat untuk mewujudkannya.

Kapal dengan layar utama di bawah tenaga angin. Tinggi tiang 55 meter dengan sistem tiang canggih yang dapat membawa berlayar lebih jauh daripada tiang konvensional dengan ukuran yang sama. Ini adalah pertama kalinya desain seperti ini dapat dipasang pada sebuah kapal dengan ukuran Rainbow Warrior.

Warrior tidak memiliki mesin penggerak untuk membantu saat cuaca buruk, tetapi  dibangun dengan tenaga yang lebih ramah lingkungan.

Sebuah tempat sebesar 59 meter kubik berwarna abu-abu dan hitam dapan menyimpan air,untuk mengurangi pembuangan secara langsung ke laut. Dan kami membangun system biologi penyaringan untukair bersih dan mendaur ulang air kotor.

Rainbow Warrior baru kapal dengan basis teknologi ramah lingkungan meliputi:
•    Sebuah bentuk lambung yang dirancang khusus untuk efisiensi energi yang unggul 
•    Sebuah bingkai-tiang dan layar - dioptimalkan untuk berlayar sangat efektif 
•    Sistem pengerak Listrik (10 knot hanya pada 300kW) 
•    Pengolahan limbah lingkungan lebih lama di dalam kapal
•    Standart ramah lingkungan yang tinggi pada semua mesin (IMO Tier-II) 
•    Kapal dengan predikat hijau dan memiliki Paspor Hijau. 
•    Pengolahan lingkungan kapal secara sukarela. 
•    Pengolahan gas buang , meminimalkan emisi NOx dan Hal-hal Partikulat (PM). 
•    Pengolahan biologi untuk limbah dan air kotor. 
•    Pusat sistem dan ventilasi pengisian bahan bakar dan minyak untuk mencegah tumpahan. 
•    Menggunakan cat Ramah lingkungan.

Membangkitkan Para Satria
Rangka dari sebuah kapal ini adalah tantangan pertama untuk semua orang yang terlibat di dalamnya. Para ahli tidak hanya membangun sebuah kapal berteknologi tinggi, tetapi juga harus memenuhi standar ramah lingkungan yang tertinggi.

Dibangun di galangan kapal di Gdansk, Polandia, mulai bekerja di lambung pada musim panas 2010. 340-ton baja yang kemudian diangkut ke galangan Fassmer dekat Bremen, Jerman, di mana kapal itu akhirnya keluar dengan lengkap.

Di sini, lambung yang asalnya berwarna coklat di berikan warna yg indah – hijau warna untuk Greenpeace. Sebuah burung merpati perdamaian dan warna pelangi yang  mencolok akhirnya menjadikan kapal baru kami The Rainbow Warrior.

Dia memasuki air untuk pertama kalinya pada bulan Juli 2011 dan secara resmi diluncurkan di Hamburg, Jerman, pada bulan Oktober tahun yang sama.

Spesifikasi
•    Pelabuhan terdaftar: Amsterdam, Belanda 
•    Jenis Kapal: Motor Sail yacht dengan dek helikopter mendarat 
•    Kelas: Germanischer Lloyd, Notasi termasuk Paspor Hijau 
•    Panjang Keseluruhan: 57.92m 
•    Lebar (Max): 11.30m 
•    Tinggi masuk kedalam air (Max): 5.15m 
•    Udara Draft: 54.25m 
•    Berat: 855 
•    Berlayar Rig: Schooner Staysail, 2 Sebuah tiang frame dengan 5 layar 
•    Sail Area: 1255 meter persegi 
•    Layanan Kecepatan / Max Speed: 7 knot / 15 knot 
•    Utama & Auxiliary Engine: Caterpillar, IMO Tier II Sertifikasi 
•    Daya jelajah: 9.500 nm hingga 
•    Akomodasi: 30 orang

Sebuah Panduan Menuju Harapan
Semua kapal Greenpeace special, tetapi Rainbow Warrior baru kami sangat special. Dia memainkan peran kunci dalam kampanye kami, memungkinkan kita untuk menjadi saksi dan mengambil tindakan untuk mencegah kejahatan lingkungan di seluruh dunia.

"Sejak berlayar pada tahun 1978 Rainbow Warrior telah berada di garis depan perjuangan melawan penyalahgunaan lingkungan," kata Kumi Naidoo, Direktur Eksekutif Greenpeace Internasional, pada upacara pelepasan, yang berlangsung pada tanggal 10 Juli 2010 - peringatan ke 25 dari pemboman kapal Rainbow Warrior pertama.

"Dia adalah ikon dari aksi damai tanpa kekerasan sebuah panduan menuju harapan bagi jutaan orang di seluruh dunia."

Share on Google Plus

About Unknown

Petualang muda yang suka apa saja kecuali belajar berhitung, jatuh cinta dunia Petualangan dan Alam Indonesia. Juga seorang pengagum pohon Bambu dan bunga Dandelion.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: