basecamp

Cara Memelihara Ransel

Berikut beberapa point cara yang gampang dalam memelihara ransel anda. Ransel sama ibaratnya dengan kekasih anda sewaktu berada di alam bebas, dia selalu dekat dengan anda. Maka untuk menjaga agar si ransel tetap nyaman dibadan anda berikut tips cara memeliharanya. 

• Packinglah item yang tajam seperti kompor dengan packingan yang cukup keras, secara hati-hati sehingga tidak menonjol dipunggung anda atau mebuat lubang pada material ransel anda. 

• Buanglah semua bungkus makanan dari ransel anda, jangan biarkan remah-remah snack didalam ransel. Ransel yang bau akan mengundang lapar serangga dan binatang-binatang tertentu. 

• Bersihkan selalu ransel setiap pulang perjalanan. Biarkan semua zipper kantong dan kompartemen terbuka kemuadian kibas-kibaskan agar semua remah, kotoran, pasir dan kulit kayu yang mungkin masuk secara tidak sengaja. 
Jika ransel benar-benar kotor, cucilah dengan mild soap (sabun tanpa bahan deterjen khusus buat bahan water proof) dan air hangat. Jemurlah jauh dari sinar matahari, karena sinar ultra violet bisa merusak bahan nylon secara mengejutkan dalam tempo yang singkat. 

• Lakukan pemeliharaan dasar, Jahitlah setiap robekan atau jahitan yang lepas dengan peniti yang cukup kuat dan tambal juga. Jika strap nilonnya rusak atau menjadi keriting, bakarlah sedikit ujung yang rusak tersebut dengan api agar bagian yang bercerai-berai tersebut jadi satu lagi. 

• Cek lah jika ada bunyi deritan yang mengganggu pada external framenya. 

• Gantilah setiap clevis pin dan split ring yang rusak 

• Bawalah juga cadangan clevis pin dan beberapa split ring jika anda mempunyai ransel dengan internal frame. Unit-unit kecil ini suka hilang disaat yang sangat tidak diharapkan.

• Periksalah ransel anda jika lapisan tahan airnya mengalami pengurangan serta pada bagian yang penting seperti sabuk pinggang, strap bahu, dan suspensi stabilisernya. Strap bahu yang mengembang bisa menyebabkan masalah pada perjalanan anda. Perbaiki reseleting yang rusak sebelum dia benar-benar tidak bisa dipakai. 

• Simpanlah ransel anda pada tempat yang dingin dan kering, untuk menghindarinya dari pelapukan yang bisa merusak bahan lapisan tahan airnya.



 Sumber : Berbagai Sumber (Ist)
Share on Google Plus

About Unknown

Petualang muda yang suka apa saja kecuali belajar berhitung, jatuh cinta dunia Petualangan dan Alam Indonesia. Juga seorang pengagum pohon Bambu dan bunga Dandelion.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: