Menuju Coral Day 2015 KiTaBangGa

Menuju Coral Day 2015 KiTaBangGa
Info grafis, Jika terumbu karang hancur.
Menuju Coral Day 2015 KiTaBangGa

Coral Day 2015 yang akan diadakan di desa Libas, pulau Bangka, Sulawesi Utara! Latar belakang diadakannya event ini adalah untuk meningkatkan awarenes masyarakat luas tentang betapa pentingnya terumbu karang. Image ini adalah gambaran, apa yang terjadi jika terumbu karang lenyap. Mengerikan ya? Nah, fenomenanya, banyak terumbu karang rusak, baik karena kondisi alam mau pun karena kecerobohan manusia. Diperkirakan, jika kita terus tak peduli, maka dalam 20 - 40 tahun yang akan datang, terumbu karang akan benar-benar habis.

Menuju Coral Day 2015 KiTaBangGa
Coral Day Kitabangga 2015.

Mengenal Coral Day KITABANGGA

Coral reefs represent some of the world's most spectacular beauty spots, but they are also the foundation of marine life: without them many of the sea's most exquisite species will not survive. - Sheherazade Goldsmith

Tidak banyak yang menyadari bahwa terumbu karang adalah hal yang sangat penting bagi kehidupan bawah laut DAN juga berpengaruh bagi kehidupan masyarakat. Padahal terumbu karang merupakan elemen vital, yakni sebagai penyedia sumber makanan dan tempat tinggal bagi beragam spesies dalam ekosistem bawah laut. Selain itu, terumbu karang pun bisa menahan abrasi pulau plus menjadi daya tarik wisata sehingga bisa membantu kehidupan orang-orang di sekitarnya.

Bayangkan jika terumbu karang tidak ada, nelayan-nelayan akan kehilangan mata pencahariannya serta pulau-pulau akan banyak yang mengalami abrasi.

Namun pada kenyataannya, jumlah terumbu karang memang semakin lama semakin berkurang karena banyak penyebab, dari masalah alam seperti pengaruh perubahan iklim, sampai ke masalah perbuatan tangan manusia yang kurang berhati-hati. Menurut perkiraan, sampai 20 tahun yang akan datang terumbu karang akan punah sama sekali. Kondisi seperti ini tentunya menjadi ancaman bagi stabilitas ekosistem, yang secara langsung juga berpengaruh pada kehidupan kita, manusia. Kita akan kehilangan sumber nutrisi serta protein yang berasal dari spesies bawah laut.

Untuk mengatasi permasalahan ini, pada Hari Bumi 22 April 2010 dicanangkanlah sebuah gerakan untuk menyelamatkan terumbu karang yang disebut Coral Day. Pelaksaan event Coral Day ini berhasil pada empat tahun terakhir, yakni di pulau Serangan (Bali) di tahun pertama, di Belitung di tahun kedua, pulau Seribu di tahun ketiga, di tiga tempat tersebut secara serentak di tahun keempat. Pada intinya event Coral Day ini adalah untuk meningkatkan awareness masyarakat mengenai pentingnya terumbu karang bagi kehidupan manusia

Di tahun 2015 event Coral Day akan diadakan di desa Libas, pulau Bangka, Sulawesi Utara.

Pulau Bangka ini terletak di posisi strategis perairan Kepulauan Kinabuhutan – Talise – Bangka dan Gangga (yang disingkat menjadi Kepulauan KitaBangga). Di perairan kepulauan ini terdapat beragam mamalia seperti lumba-lumba dan dugong. Selain itu ada pula spesies langka seperti ikan purba Coelacanth Sulawesi (Latimeria Menadoensis), ikan hiu sirip putih, ikan hiu sirip hitam, penyu, ikan Napoleon dan kuda laut pigmi. Keempat rangkaian pulau tersebut juga merupakan daerah penyangga taman Nasional Bunaken dan berlokasi di daerah coral triangle. Bisa dikatakan bahwa terumbu karang adalah penopang kehidupan masyarakat di kepulauan KitaBangga.

Sangat disayangkan perairan di wilayah ini mengalami kerusakan akibat penggunaan bom dan potassium sianida dan sedang dalam proses menumbuhkan kembali terumbu karang. Lalu ada hal-hal lain yang tidak menguntungkan kelestarian terumbu karang di kepulauan ini yang mungkin teman-teman bisa dicari beritanya di berbagai situs dengan keyword pulau Bangka, Sulawesi Utara.

Hal inilah yang menyebabkan kepulauan ini dijadikan tempat pelaksanaan Coral Day 2015 ini. Selain untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya terumbu karang, juga untuk mendesak terbentuknya marine protection area, sehingga seluruh spesies di dalamnya terlindungi. Pada event ini juga akan diadakan penanaman kembali terumbu karang yang telah rusak.


Selengkapnya Klik Disini 


Menuju Coral Day 2015 KiTaBangGa
#NB

Panitia penyelenggara Coral Day 2015 membutuhkan dukungan teman-teman Coral Lovers dan Mereka yang Peduli pada Lingkungan agar event ini bisa terlaksana di: (Klik Disini) 

Juga bantuan untuk menyebarkan tulisan ini pada teman-teman dan handai taulan, agar lebih banyak lagi yang peduli.
Share on Google Plus

About Gidion Yuris Triawan

Petualang muda yang suka apa saja kecuali belajar berhitung, jatuh cinta dunia Petualangan dan Alam Indonesia. Juga seorang pengagum pohon Bambu dan bunga Dandelion.
Post a Comment