Apa itu “World Ocean Day” dan “Coral Triangle Day”..?

Coral Triangle Day
Coral Day
World Ocean Day dan Coral Triangle Day merupakan hari perayaan global mengenai isu-isu kelautan dunia. Bagi sebagian orang khususnya yang sudah dekat dengan dunia kelautan kedua kata ini sudah tidak asing lagi, namun bagi sebagian orang sepertinya kedua perayaan ini masih belum dikenal secara luas.

Konsep World Ocean Day pertama kali muncul dan diajukan oleh pemerintah Kanada pada Earth Summit tanggal 8 Juni 1992 di Rio De Janeiro. Inti dari konsep yang diajukan oleh pemerintah Kanada ini adalah untuk mengajak serta menyadartahuan masyarakat global mengenai isu-isu Kelautan Dunia. Namun baru pada tahun 2008 PBB menyatakan World Ocean Day sebagai hari lingkungan yang diakui secara global.

Sejak tahun 2008 itulah pada tanggal 8 Juni diperingati di seluruh dunia sebagai hari Kelautan Dunia/ World Ocean Day. Pada setiap tahunnya banyak kegiatan lingkungan yang dilakukan di seluruh dunia sebagai upaya untuk melestarikan kekayaan laut dunia yang disesuaikan dengan tema dari World Ocean Day. 

Coral Day
Coral Triangle Day
Berikut adalah beberapa tema dari World Ocean Day :
2009 : Our Oceans, Our Responsibility,
2010 : Our oceans: Opportunities and Challenges,
2011 : Our oceans: Greening our Future.

Coral Triangle Day : 
2012 : dimulai di Denpasar, Bali
2013 : dirayakan serentak di enam negara anggota CTI (Coral Triangle Initiative), kegiatan dibuka Mataram Lombok, Nusa Tenggara Barat. Juga dilakukan di Bitung dan Buleleng Bali.
2014 : rencananya akan digelar di kota Ambon yang bertindak sebagai tuan rumah (dilansir Kemendagri.co.id).

Sementara untuk Coral Triangle Day untuk yang pertama kalinya diperingati pada tanggal 9 Juni 2012 sehari setelah perayaan hari kelautan dunia. Coral Triangle Day juga merupakan upaya penyadartahuan masyarakat luas dalam melestarikan kekayaan laut di kawaasan segitiga terumbu karang /coral triange. Seperti yang kita ketahui pemerintah Indonesia telah berinisiatif mengupayakan perlindungan kawasan terumbu karang pada Konferensi Kelautan Dunia (World Ocean Conference) tahun  2009 di Manado. Salah satu hasil dari konfrensi ini adalah adanya Coral Triangle Initiative (CTI) yang disepakati oleh 6 negara yang berada di kawasan coral triangle : Indonesia, Malaysia, Flipina, Timor Leste, Papua Nugini dan Kepulauan Solomon.

Perayaan Coral Triangle Day di Indonesia sendiri diinisiasi oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP), WWF Indonesia, dan beberapa pecinta lingkungan lainnya yang dipusatkan di Pantai Kedonganan, Jimbaran, Bali. Berbagai kegiatan lingkungan seperti bersih pantai, seminar, dan kegiatan lainnnya yang diikuti oleh unsur pemerintahan, kelompok penggiat lingkungan, dan masyarakat sekitar. Selain di Indonesia perayaan ini juga dilakukan di negara-negara yang termasuk kedalam kawasan Coral Triangle.

Lalu dengan adanya dua perayaan lingkungan ini apa yang bisa kita lakukan..?
Banyak, selain ikut dalam kegiatan perayaanya juga kegiatan kecil yang bisa kita lakukan diantaranya adalah tidak membuang sampah sembarangan ketika berkujung/ berwisata laut, kurangi pengurangan pelastik, hindari makanan-makanan yang tidak ramah lingkungan, dan masih banyak kegiatan lainnya yang bisa kita lakukan.

Coral Triangle Day
The Coral Triangle Day (CTD)
So, kita sebagai pemilik kekayaan kelautan terbesar di dunia mari kita bersama-sama menjaganya.

Selamat hari Kelautan Dunia (8 Juni 2014) dan hari Segitiga Terumbu Karang (9 Juni 2014).


Share on Google Plus

About Gidion Yuris Triawan

Petualang muda yang suka apa saja kecuali belajar berhitung, jatuh cinta dunia Petualangan dan Alam Indonesia. Juga seorang pengagum pohon Bambu dan bunga Dandelion.
Post a Comment