7 Gunung Berapi Tertinggi di Indonesia

Ada begitu banyak gunung berapi yang bisa kita jumpai di Indonesia. Gunung berapi yang jumlahnya berlimpah itu terbentuk akibat zona subduksi antara lempeng Eurasia dan lempeng Indo-Australia. Nah, berikut adalah tujuh gunung berapi tertinggi di Indonesia, menurut data yang dilansir Wikipedia. Mari kita simak bersama!

1. Gunung Kerinci
7 Gunung api tertinggi di Indonesia
Gunung Kerinci, 3.805 meter.
Gunung berapi tertinggi di Indonesia ini juga dikenal sebagai Gunung Gadang dan Puncak Indrapura. Gunung Kerinci memiliki ketinggian mencapai 3.805 meter dan terletak di Provinsi Sumatera Barat dan Jambi, sekitar 130 km sebelah selatan Padang. Uniknya lagi, gunung berbentuk stratovulkan ini mempunyai kawah seluas 400x120 meter yang berisi air berwarna hijau.

2. Gunung Rinjani
7 Gunung Berapi Tertinggi di Indonesia
Gunung Rinjani, 3.726 mdpl.
Gunung Rinjani adalah gunung yang berlokasi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung yang merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 mdpl serta terletak pada lintang 8º25' LS dan 116º28' BT ini merupakan gunung favorit bagi pendaki Indonesia karena keindahan pemandangannya. Gunung ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang memiliki luas sekitar 41.330 ha dan ini akan diusulkan penambahannya sehingga menjadi 76.000 ha ke arah barat dan timur.

Secara administratif gunung ini berada dalam wilayah tiga kabupaten: Lombok Timur, Lombok Tengah dan Lombok Barat.

Secara topografi, gunung Rinjani dengan titik tertinggi 3.726 m dpl, mendominasi sebagian besar pemandangan Pulau Lombok bagian utara.

Di sebelah barat kerucut Rinjani terdapat kaldera dengan luas sekitar 3.500 m × 4.800 m, memanjang kearah timur dan barat. Di kaldera ini terdapat Segara Anak (segara= laut, danau) seluas 11.000.000 m persegi dengan kedalaman 230 m. Air yang mengalir dari danau ini membentuk air terjun yang sangat indah, mengalir melewati jurang yang curam. Di Segara Anak banyak terdapat ikan mas dan mujair sehingga sering digunakan untuk memancing. Bagian selatan danau ini disebut dengan Segara Endut.

Di sisi timur kaldera terdapat Gunung Baru (atau Gunung Barujari) yang memiliki kawah berukuran 170m×200 m dengan ketinggian 2.296 - 2376 m dpl. Gunung kecil ini terakhir aktif/meletus sejak tanggal 2 Mei 2009 dan sepanjang Mei, setelah sebelumnya meletus pula tahun 2004.[2][3] Jika letusan tahun 2004 tidak memakan korban jiwa, letusan tahun 2009 ini telah memakan korban jiwa tidak langsung 31 orang, karena banjir bandang pada Kokok (Sungai) Tanggek akibat desakan lava ke Segara Anak.[4] Sebelumnya, Gunung Barujari pernah tercatat meletus pada tahun 1944 (sekaligus pembentukannya), 1966, dan 1994.

3. Gunung Dempo
7 Gunung Berapi Tertinggi di Indonesia
Gunung Dempo, 3.173 meter.
Gunung berapi setinggi 3.173 meter ini terletak di perbatasan Sumatera Selatan dan Bengkulu, atau lebih tepatnya di Pagaralam. Untuk mencapai lokasi Gunung Dempo, Anda bisa melalui perjalanan darat dari Palembang sejauh lebih kurang 7 jam. Jika dilihat dari bentuknya, gunung ini tergolong stratovulkan. Letusan terakhir terjadi pada tahun 2009 silam.

4. Gunung Talakmau
7 Gunung Berapi Tertinggi di Indonesia
Gunung Talakmau, 2.919 meter.
Gunung Talakmau memiliki tinggi mencapai 2.919 meter dan terletak di Sumatera Barat. Jika dilihat dari bentuknya, Talakmau termasuk gunung berapi kompleks. Gunung yang juga dikenal dengan sebutan Talamau atau Ophir, ini adalah gunung tertinggi di Sumatera Barat yang terletak di Kabupaten Pasaman Barat. Karena termasuk dalam tipe gunung api tidak aktif, gunung berapi ini tidak berbahaya bagi penduduk yang tinggal di dekatnya.

5. Gunung Marapi
7 Gunung Berapi Tertinggi di Indonesia
Gunung Marapi, 2.891 meter.
Gunung yang juga dikenal sebagai Gunung Merapi ini memiliki ketinggian mencapai 2.891 meter. Seperti halnya Talamau dan Kerinci, Marapi juga berada di Sumatera Barat. Jika dilihat dari bentuknya, gunung ini termasuk stratovulkan. Letusan terakhir dari gunung ini terjadi pada tahun 2004 dan juga menjadi bagian dari Pegunungan Bukit Barisan.

6. Gunung Geureudong
7 Gunung Berapi Tertinggi di Indonesia
Gunung Geureudong.
Gunung berbentuk stratovulkan ini berada di bagian utara Sumatera. Dikenal dengan sebutan Bur ni Geureudong atau Bur ni Telong, pendaki bisa menjumpai mata air panas di lereng gunung. Sementara itu, letusan terakhir dari Gunung Geureudong terjadi pada tahun 1937.

7. Gunung Peuet Sague
Gunung Peuet Sague. 2.801 meter.
Gunung berapi setinggi 2.801 meter ini terletak di Meureudu, Sigli, Nanggroe Aceh Darussalam. Letusan terakhir Gunung Peuet Sague terjadi pada tahun 2000. Jika dilihat dari bentuknya, gunung dengan empat buah puncak ini berjenis gunung berapi kompleks.


Inilah tujuh gunung berapi tertinggi di Indonesia yang memiliki ketinggian ribuan meter di atas permukaan laut. Berminat untuk mengunjunginya?


Berbagai sumber.
Share on Google Plus

About Gidion Yuris Triawan

Petualang muda yang suka apa saja kecuali belajar berhitung, jatuh cinta dunia Petualangan dan Alam Indonesia. Juga seorang pengagum pohon Bambu dan bunga Dandelion.
Post a Comment