Jenis-Jenis Limbah dan Pengelompokannya

Jenis jenis limbah
Berikut ini beberapa jenis-jenis limbah yang ada di lingkungan :

1) Limbah Berdasarkan Jenis Senyawa

a) Limbah Organik
Merupakan kelompok limbah yang terdiri dari bahan-bahan penyusun tumbuhan dan hewan. Lmbah jenis ini dihasilkan oleh kegiatan manusia yang berupa pertanian, perikanan, peternakan, rumah tangga dan industri. Limbah organik secara alami mudah diuraikan oleh mikroorganisme.

b) Limbah Anorganik
Merupakan kelompok limbah yang tidak mudah hancur atau diuraikan  oleh aktivitas mikroorganisme. Sebagian dari limbah anorganik sama sekali tidak dapat diuraikan tetapi sebagian lagi dapat diuraikan, tetapi membutuhkan waktu yang sangat lama.

c) Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3)
Limbah B3 adalah semua bahan/senyawa baik padat, cair, ataupun gas yang mempunyai potensi merusak terhadap kesehatan manusia serta lingkungan akibat sifat-sifat yang dimiliki senyawa tersebut.

Limbah B3 diidentifikasikan sebagai bahan kimia dengan satu atau lebih karakteristik:
  • Mudah meledak
  • Mudah terbakar
  • Bersifat reaktif
  • Beracun
  • Penyebab infeksi
  • Bersifat korosif
2) Limbah Berdasarkan Wujudnya

Limbah cair
a) Limbah Cair
Pengerrtian limbah cair menurut beberapa ahli:
  • Menurut EPA, “Limbah cair adalah air yang membawa bahan padat terlarut atau tersuspensi dari tempat tinggal, kebun , bangunan perdagangan dan industri”.
  • Menurut Tchobanglous dan Elliessen, mendiskripsikan limbah cair adalah gabungan cairan atau sampah yang terbawa air dari tempat tinggal, kantor, bangunan perdagangan, industri, serta air tanah air permukaan dan air hujan yang mungkin ada.
b) Limbah Padat
Limbah padat adalah sisa atau hasil sampingan dari suatu usaha dan atau kegiatan yang berwujud padat, termasuk sampah.

c) Limbah Gas
Limbah gas adalah sisa atau hasil sampingan dari suatu usaha atau kegiatan yang berwujud gas. Limbah gas biasanya dihasilkan dari kegiatan industri, alat transportasi, dan pembakaran sampah rumah tangga.

3) Limbah Berdasarkan Lingkungan Asalnya

Jenis jenis limbah
a) Limbah Pemukiman/Limbah Rumah Tangga
Limbah ini merupakan sisa buangan dari aktivitas manusia didalam rumah, seperti memasak, mencuci, dan kegiatan lain yang biasa dilakukan dirumah. Limbah yang berasal dari rumah tangga, khususnya dikota-kota besar jumlahnya mencapai lebih dari 80%. 

Limbah rumah tangga terbagi menjadi 2, yaitu:
> Limbah cair domestik yang berasal dari air cucian.
Misal: sabun, detergen, minyak dan pestisida.
> Limbah cair domestik yang berasal dari saluran pembuangan tinja/kakus.
Misal: kotoran manusia, air seni.

b) Limbah Industri
Limbah industri adalah sisa proses produksi yang dapat berupa padatan, cairan, maupun gas yang tidak mempunyai nilai ekonomis lagi oleh industri yang bersangkutan.
Limbah industri dikelompokkan menjadi:
  • Limbah industri pangan
  • Limbah industri kimia
c) Limbah Industri Kulit dan Sandang
Industri tersebut lebih banyak didominasi industri kecil, yang meliputi pencucian batik, batik cetak dan penyamakan kulit. Industri jenis ini memerlukan air sebagai media untuk proses pencucian dalam jumlah yang sangat besar, sehingga limbah yang dihasilkanpun dalam jumlah besar.

d) Limbah Industri Logam dan Elektronika
Industri logam tidak menggunakan zat-zat kimia yang limbahnya berbahaya bagi kesehatan, tetapi proses-proses dalam industri logam dan elektronika mengakibatkan limbah yang berupa:
  • Debu, mengakibatkan gangguan kesehatan berupa iritasi dan sesak napas.
  • Kebisingan, suara yang ditimbulkan oleh proses industri logam dan elektronika sangat keras.
  • Karbon monoksida (CO), zat kimia ini sangat berbahaya karena bila keracunan dalam dosis besar dapat mengakibatkan pingsan dan menyebabkan kematian. Sedang jika keracunan ringan mengakibatkan gangguan yang diawali dengan nafas pendek, sakit kepala, pusing, serta melemahkan penglihatan dan pendengaran.
e) Limbah Pertanian
Limbah pertanian biasanya mengandung polutan insektisida dan pupuk organik. Insektisida bias membunuh air, jika biota air dan hewan air tidak mati, kemudian dimakan hewan atau manusia maka yang memakannya akan keracunan.

f) Limbah Pertambangan
Pada proses penambangan tersebut dihasilkan limbah logam berat cair yang dapat mengakibatkan keracunan syaraf.

g) Limbah Medis
Obat-obatan dan beberapa zat kimia adalah contoh limbah medis.tetapi ada beberapa jenis medis yang memerlukan penanganan secara khusus, dan memerlukan biaya yang cukup mahal untuk menanganinya yaitu penggunaan alat suntik. 


_berbagai sumber_
Share on Google Plus

About Gidion Yuris Triawan

Petualang muda yang suka apa saja kecuali belajar berhitung, jatuh cinta dunia Petualangan dan Alam Indonesia. Juga seorang pengagum pohon Bambu dan bunga Dandelion.
Post a Comment