basecamp

Danau Matano, Terdalam di Asia Tenggara

Danau Matano, Terdalam di Asia Tenggara
Danau Matano terletak di Sorowako, Kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. 

Namanya belum setenar Danau Toba di Medan, Sumatera Utara, tapi pesona Danau Matano gak bisa dipandang sebelah mata. Danau Matano terletak di Sorowako, Kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. 

Pelesiran ke sini, mustahil kamu tidak jatuh cinta dengan danau yang diklaim sebagai yang terdalam di Asia Tenggara. Mata kamu bakal dimanjakan dengan jernihnya biru air danau, yang membuatmu bisa melihat danau hingga kedalaman 20 meter!

Danau Matano, Terdalam di Asia Tenggara
Pantai Salonsa, Danau Matano. Foto: Wikipedia

Danau Matano terbentuk dari ribuan mata air akibat gerakan tektonik di litosfer. Kini, danau ini menjadi rumah buat aneka ikan serta burung danau terbang dan dikelilingi Pegunungan Verbeek nan hijau. 

Tak hanya itu, sejumlah fauna eksotis, seperti kepiting bungka, udang, siput, keong air tawar dan yang paling kesohor dari Danau Matano, ikan purba buttini yang memiliki nama latin Glossogobius matanensis juga menempati danau ini. Meski bentuk ikan purba ini cukup aneh karena bola matanya menonjol keluar dengan kulit berwarna kecokelatan, dagingnya terasa gurih saat dimakan sehingga menjadi ikan yang paling digemari masyarakat setempat.

Danau Matano, Terdalam di Asia Tenggara
Butini, ikan endemik Danau Matano, yang kini sulit ditemukan. Foto: Mongabay.co.id

Danau Matano, Terdalam di Asia Tenggara
Source: Google

Karakteristik Matano juga unik karena posisinya yang lebih rendah dari permukaan laut. Hal ini merupakan fenomena alam langka yang hanya bisa ditandingi oleh Laut Mati. Menyelami Danau Matano dipercaya bakal memuaskan para diver, tapi berenang di pinggir Matano juga menawarkan pengalaman tak kalah menyenangkan.

Suhu air di Danau Matado tidak dingin, karena danau ini termasuk danau cryptodepression, yang bagian dasarnya lebih dalam dari permukaan laut. Kamu juga bisa berenang ataupun bermain kayak di Pantai Ide, pokoknya, kalo kamu pecinta air dan aktivitas berhubungan dengan air lainnya, dijamin betah di sini!

Danau Matano, Terdalam di Asia Tenggara
Dasar Danau Matano berada hampir 200 meter dibawah permukaan laut.
Danau Matano, Terdalam di Asia Tenggara
Peta lokasi danau Matano.

Enaknya lagi, meski lokasi pantai ini terletak di kawasan perusahaan tambang PT Vale Indonesia Tbk, Pantai Ide terbuka untuk umum bahkan tanpa biaya masuk untuk menikmati keindahan pantainya. Pantai Ide juga memiliki dermaga sepanjang 50 m yang menjorok ke pinggir danau. Kalau lagi beruntung, kamu bisa menyaksikan pemandangan menakjubkan, yakni senja di danau dengan latar pelangi yang mengalungi Pegunungan Verbeek.

Buat kamu yang mencintai wisata sejarah, menyambangi Danau Matano gak ada salahnya. Di bibir danau ini yang sebagian adalah tebing batu papan, juga terdapat beberapa lubang yang di dalamnya sisa peninggalan sejarah. Barang-barang seperti tombak, parang, dan peralatan rumah yang terbuat dari besi kuningan, yang diprediksi sudah ada sejak ratusan tahun silam.

Ada juga gua yang lokasinya berada tidak begitu jauh dari pemukiman penduduk. Di gua ini, banyak terdapat tulang belulang dan tengkorak manusia serta dihuni banyak kelelawar. Warga setempat menyebut gua tersebut Gua Tengkorak. Konon, tengkorak tersebut sudah ada sejak ratusan tahun silam sebelum masyarakat setempat mengenal ajaran agama. Mereka yang telah meninggal dunia dimasukkan ke dalam liang batu.

Danau Matano, Terdalam di Asia Tenggara
Pesona senja di Danau Matano, Sorowako, Sulawesi Selatan.

Buat kamu yang bosan dengan wisata air yang begitu-begitu saja, memasukkan Danau Matano sebagai salah satu tujuan wisata dijamin nggak akan bikin kamu nyesel!

Berikut adalah daftar Keunikan Danau Matano: 
Selain karena terbentuk dari peristiwa alam yang langka dan kedalamannya, Danau Matano memiliki keunikan lainnya.

1. Danau ini bersifat isothermal , artinya suhu air di permukaan dan suhu air di dasar danau itu berbeda kurang dari dua derajat Celcius. 

2. Di dekat Desa Matano yang terletak di sekitar danau ini, terdapat mata air yang mucul dari dasar danau. 

3. Di kedalaman 200-300 meter terdapat kolam ikan dengan indikasi aliran gravitasi di dasar danau.

4. Di danau ini pun terdapat flora dan fauna yang endemik di Sorowako, artinya tidak dapat ditemukan di tempat lainnya.


Nah, karena berbagai keunikannya itu, pemerintah setempat membuat danau ini sebagai tempat tujuan wisata. Selain itu, berbagai kegiatan olahraga air, seperti kano, kayak, jetski, snorkeling, menyelam, layar, renang dan lainnya juga sering dilakukan di danau ini. 

Oh, ya, asal kamu tahu saja nih. Sejumlah pakar ekologi telah merekomendasikan Danau Matano menjadi salah satu world heritage  dan biodiversity hotspot  yang harus dijaga kelestariannya.

Selamat Berpetualang... :)


Sumber:
Share on Google Plus

About Unknown

Petualang muda yang suka apa saja kecuali belajar berhitung, jatuh cinta dunia Petualangan dan Alam Indonesia. Juga seorang pengagum pohon Bambu dan bunga Dandelion.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: