Temuan Orangutan Kalsel, Kabar Gembira Yang Menyedihkan

Temuan Orangutan Kalsel, Kabar Gembira Yang Menyedihkan
Jenis Orangutan inilah yg diduga menghuni hutan Kalsel.
Kabar Gembira Yang Menyedihkan...?!?
Temuan Orangutan di Kalimantan Selatan (Kalsel) adalah merupakan sebuah kejutan mengingat selama ini secara ilmiah Kalsel dinyatakan sebagai salah satu daerah yang tidak ditemukan habitat orangutan. 

Temuan ini, disatu sisi sangat menggembirakan, karena satu lagi kekayaan alam dan merupakan salah satu warisan kekayaan biodiversitas dunia berupa satwa endemik langka seperti orangutan masuk dalam daftar keberadaannya dikalsel. Namun disisi lain kondisi habitatnya yang berada di Hutan Produksi Konversi yang rawan berubah alih fungsi, membuat orangutan tersebut terancam keberadaannya.

Temuan Orangutan Kalsel, Kabar Gembira Yang Menyedihkan
Beberapa jenis sarang orangutan yg ditemukan tim ekpedisi Orangutan Kalsel.
Untuk melindungi orangutan yang ada diluar kawasan konservasi seperti ini, tentunya diperlukan pemanfaatan hutan dengan mempertimbangkan batas toleransi satwa maupun habitatnya terhadap kerusakan hutan, disamping mengembangkan wilayah konservasi didalam kawasan konsesi. 

Pelestarian hutan diluar kawasan konservasi penting artinya bagi kelestarian orangutan dan lingkungannya. Dalam pelestarian hutan tersebut perlu dicari suatu indikator ekologis sebagai penentu kualitas lingkungan. Orangutan dapat dijadikan sebagai indikator dalam pengelolaan hutan dan menentukan strategi konservasi.

Orangutan dalam hidupnya sangat tergantung pada tegakan pohon dalam melakukan aktivitas hariannya, terutama pohon sebagai sumber pakan utama. Dalam hal ini pengetahuan tentang faktor-faktor ekologis yang mempengaruhi pola prilaku makan dapat menunjang sistem pengelolaan habitat dan populasi orangutan tersebut didalam kawasan konservasi maupun diluar kawasan konservasi.

Temuan Orangutan Kalsel, Kabar Gembira Yang Menyedihkan
Menipisnya tegakan pohon dihutan ini, sebagai sumber pakan maupun sarang mengancam keberadaan Orangutan Kalsel.

Salam Konservasi...


Catatan ini bisa anda lihat pada halaman facebook Pusat Studi & Konservasi Keanekaragaman Hayati Indonesia 
Share on Google Plus

About Gidion Yuris Triawan

Petualang muda yang suka apa saja kecuali belajar berhitung, jatuh cinta dunia Petualangan dan Alam Indonesia. Juga seorang pengagum pohon Bambu dan bunga Dandelion.
Post a Comment