Ditemukan Spesies Baru Kukang Kalimantan

Nycticebus kayan
Nycticebus kayan spesies baru Kukang Kalimantan.
Program Rehabilitasi Kukang Borneo Menemukan Spesies Baru Kukang Kalimantan
Primata termasuk jenis kukang ini memiliki racun yang mematikan melalui gigitannya. Spesies ini baru saja ditemukan di Kalimantan oleh para peneliti.

Penemuan yang dilaporkan dalam Jurnal Primatologi Amerika ini sebelumnya dikategorikan sejenis lemur karena mirip monyet atau kera. Kukang dengan nama Nycticebus kayan itu memiliki gigitan beracun yang bisa membunuh manusia. Racun tersebut terdapat di kelenjar siku yang terhubung ke mulutnya.

"Kukang lamban ini terlihat seperti tidak berbahaya dengan mata lebar yang lucu namun sebenarnya termasuk mamalia paling berbisa di dunia," ucap Profesor Anna Nekaris. "Racunnya menimbulkan anaphylactic shock berujung kematian. Saat terancam bahaya kukang ini mengambil racun ke dalam mulutnya dan mencampurnya dengan air liur."

Tim peneliti gabungan dari Oxford Brookes University di Inggris dan Munds University of Missouri di Columbia, Amerika Serikat, ini mengatakan kukang ini banyak ditemukan di hutan Kalimantan dan Filipina. Nycticebus ini sudah dimasukkan dalam daftar "hampir punah".

"Tiga jenis terbaru di Kalimantan, akan ditambahkan dalam daftar merah IUCN sebagai spesies yang terancam punah," lanjut Anna. "40 persen primata dunia sudah terancam punah." (wk/mr - foto.flens) - The Bornean Slow Loris Care.

spesies baru Kukang Kalimantan
Nycticebus kayan spesies baru Kukang Kalimantan.
spesies baru Kukang Kalimantan
Nycticebus kayan spesies baru Kukang Kalimantan.
spesies baru Kukang Kalimantan
Nycticebus kayan spesies baru Kukang Kalimantan.

Share on Google Plus

About Gidion Yuris Triawan

Petualang muda yang suka apa saja kecuali belajar berhitung, jatuh cinta dunia Petualangan dan Alam Indonesia. Juga seorang pengagum pohon Bambu dan bunga Dandelion.
Post a Comment