Tujuh Danau Ubur-Ubur Unik di Indonesia

Danau Ubur-Ubur Unik di Indonesia
Danau Ubur-Ubur Unik di Indonesia.
Tujuh Danau Ubur-Ubur Unik di Indonesia 

Sangat beruntung kita dilahirkan di Indonesia yang mempunyai begitu banyak keindahan dan keunikan tempat wisata. Pulau-pulau cantik, pantai berpasir putih, laut bening, amazing landscape membuat kita terkagum-kagum dan rasanya tidak ingin beranjak pulang menikmati keindahannya.

Salah satu objek wisata unik di Indonesia adalah mengunjungi danau yang berisi ubur-ubur tidak menyengat, perjalanan kami menjelajah ke beberapa tempat di Indonesia Timur mempertemukan kami dengan setidaknya 7 danau yang berisi ubur-ubur tidak beracun, jumlah danau seperti ini kemungkinan masih ada di beberapa tempat lain di Indonesia.

Dimana saja tujuh danau yang berisi ubur-ubur tidak menyengat tersebut berada? Danau-danau unik itu tersebar di beberapa tempat yaitu di provinsi Kalimantan Timur, provisi Sulawesi Tengah, provinsi Papua Barat dan provinsi Nusa Tenggara Timur.

Danau pertama dan kedua berada di kepulauan Derawan Kabupaten Berau provinsi Kalimantan Timur, tepatnya di pulau Kakaban dan pulau Maratua. Pulau Kakaban memiliki danau kakaban yang lebih populer di banding 6 danau lainnya, sebagian besar traveler yang mengunjungi kepulauan Derawan singgah di danau ini. 

Tidak banyak yang tahu pulau Maratua memiliki danau yang serupa dengan danau Kakaban yaitu Danau Haji Buang, danau ini belum banyak yang mengunjungi karena akses menuju ke danau haji buang tidak semudah ke danau kakaban.

Danau Kakaban
Danau Kakaban di Pulau Kakaban, Kalimantan Timur.
Danau Haji Buang di pulau Maratua
Pulau Maratua yang ditengahnya terdapat Danau Haji Buang.
Danau ke tiga, ke empat dan ke lima berada Provinsi Papua, yang berada di Kepulauan Misool Raja Ampat. Kepulauan Misool memiliki setidaknya 3 danau yaitu 1  danau di Karawapop dan 2 danau lainnya di daerah Sumalelen dipulau yang belum ada nama (karena banyaknya pulau-pulau kecil di kepulauan Misool tidak semua pulau mempunyai nama) lokal guide yang menemani kami mengatakan bahwa beberapa pulau yang kami kunjungi belum mempunyai nama.

danau ubur ubur di kepulauan misool papua
Danau ubur-ubur di Kepulauan Misool Raja Ampat, Provinsi Papua.
danau ubur ubur di raja ampat papua
Danau ubur-ubur di Kepulauan Misool Raja Ampat, Provinsi Papua.
Danau ke enam ada di Provinsi Sulawesi Tengah tepatnya di Kepulauan Togean, danau unik yang berisi ubur-ubur tidak menyengat ini lokasinya tidak  jauh dari pulau Kadidiri dan pulau Pangempa. Jenis ubur-ubur di dalam danau togean hampir sama dengan yang ada di danau lainnya, yang paling menonjol di danau ini adalah ubur-ubur yang mempunyai bintik-bintik kemerahan.

Kepulauan Togean.
Danau ubur-ubur di Kepulauan Togean.
Danau ke tujuh berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur tepatnya  berada di desa Landu pulau Rote bagian timur. Selain memiliki ubur-ubur tidak menyengat, keunikan danau Landu ini adalah adanya pantai berpasir putih di danau ini.

Danau Landu di pulau Rote
Danau Landu di pulau Rote, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Lihat video serunya snorkeling di tengah jutaan ubur-ubur:

Danau ubur-ubur di kepulauan Misool, Raja Ampat Papua.

Ubur-ubur di danau Kakaban, Kalimantan Timur.

Share on Google Plus

About Gidion Yuris Triawan

Petualang muda yang suka apa saja kecuali belajar berhitung, jatuh cinta dunia Petualangan dan Alam Indonesia. Juga seorang pengagum pohon Bambu dan bunga Dandelion.
Post a Comment