Tips Liburan Bersama Keluarga Besar

Liburan keluarga. Foto: luwuraya
Acara kumpul keluarga tidak selalu harus digelar di rumah orang tua. Memang asyik merasakan kembali kehangatan lingkungan tempat kita menghabiskan masa kecil.

Namun untuk menyenangkan orang tua, sekaligus memberikan suasana yang berbeda bagi anak-anak, kenapa tidak membuat liburan bersama keluarga besar? 

Nah, untuk merealisasikan itu, perlu perencanaan dan persiapan jauh-jauh hari. Berikut tips merencanakan liburan dengan keluarga besar.

1. Tunjuk pemimpin proyek
Bila berada di kota yang berbeda, Anda bisa melakukan diskusi via dunia maya. Tentukan siapa yang menjadi "kepala proyek", sehingga ada yang mengatur pembagian tugas dan mengambil keputusan.

Lakukan dengan serius seperti halnya saat ada membuat program di kantor. Jadi acara liburan dan kumpul keluarga berjalan lancar.

Camping keluarga besar. Foto: beritakendari
2. Pilih lokasi
Tentu yang harus dipastikan sejak awal adalah tempat tujuan dan jadwal acara. Jangan terlalu muluk-muluk, sesuaikan dengan anggaran setiap keluarga.

Pahami yang terpenting adalah acara berkumpul, bukan lokasi dan akomodasi yang serba mewah. Lokasi tujuan juga disesuaikan dengan waktu yang tersedia. Jangan sampai lebih banyak waktu yang dihabiskan di perjalanan dibanding untuk berkumpul di tempat berlibur.

3. Transportasi
Bila lokasi tujuan harus dicapai dengan transportasi udara, pastikan untuk memesan tiket pesawat paling tidak tiga bulan sebelumnya. Demikian pula dengan akomodasi dan transportasi selama di kota tujuan.

Selain mungkin akan mendapatkan harga yang lebih murah, pada musim liburan, seperti Juni-Juli dan Desember, akomodasi dan transportasi di kota-kota tujuan wisata biasanya sulit diperoleh karena serbuan turis. Cek kembali transportasi dan akomodasi sebelum berangkat.

4. Konsumsi
Jangan abaikan soal konsumsi karena Anda bepergian dengan rombongan besar. Lakukan reservasi pada rumah makan atau restoran yang akan disinggahi selama perjalanan.

Pastikan konsumsi yang dibutuhkan juga tersedia di tempat berlibur. Buatlah rencana cadangan jika menu tidak sesuai dengan selera anggota keluarga atu jumlahnya kurang.

5. Aktivitas
Pikirkan kegiatan yang akan dilakukan di lokasi tujuan. Terutama jika tak ada sarana olahraga baik itu kolam renang maupun lapangan tenis dan obyek wisata, seperti air terjun, sungai, danau, serta pantai yang bisa dituju.

Anda bisa membawa bola, membuat berbagai permainan dengan peralatan sendiri, atau mengadakan pesta barbeque.


TRAVELOUNGE | TEMPO
Share on Google Plus

About Gidion Yuris Triawan

Petualang muda yang suka apa saja kecuali belajar berhitung, jatuh cinta dunia Petualangan dan Alam Indonesia. Juga seorang pengagum pohon Bambu dan bunga Dandelion.
Post a Comment