Ekspedisi Pencarian Ranu Tompe Gunung Semeru Dimulai

Pendakian Gunung Semeru. Foto: istimewa
Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BBTNBTS) melakukan ekspedisi mencari lokasi Ranu Tompe yang selama ini belum pernah didokumentasikan wujudnya. Keberadaan danau tersebut hanya berdasar cerita dari masyarakat, serta citra satelit dan peta kawasan.

Kepala Balai Besar TNBTS, Ayu Dewi Utari, menjelaskan, tim terpadu terdiri dari beberapa pihak, seperti mahasiswa pecinta alam, ProFauna, petugtas TNBTS, serta masyarakat lokal yang pernah ke sana. Ekspedisi dimulai hari ini.

"Ekspedisi ini diperkirakan selesai sepekan," katanya dikutip Okezone, Selasa (8/10/2013).

Menurutnya, lokasinya berada di dalam hutan di sisi tumur Gunung Semeru yang masuk dalam wilayah kerja Resor Pengelolaan Taman Nasional (RPTN) Seroja, Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah III, Bidang Pengelolaan Taman Nasional Wilayah II Lumajang.

Ayu memperkirakan, luas danau ini sekira 10 kilometer persegi. Tidak begitu luas bila dibandingkan dengan danau lainnya yang cukup dikenal seperti Ranu Kumbolo, Ranu Pani, atau Ranu Regulo.

Di kawasan TNBTS sendiri ada enam danau, yakni Ranu Pani, Ranu Regulo, Ranu Kumbolo, Ranu Darungan, Ranu Kuning, dan Ranu Tompe. "Hanya Ranu Tompe saja yang belum diinventarisir," pungkasnya. 

Sumber: okezone
Share on Google Plus

About Gidion Yuris Triawan

Petualang muda yang suka apa saja kecuali belajar berhitung, jatuh cinta dunia Petualangan dan Alam Indonesia. Juga seorang pengagum pohon Bambu dan bunga Dandelion.
Post a Comment