basecamp

Warga Romania Tolak Pembukaan Tambang Emas

Para demonstran di Bukares menentang rencana pembukaan tambang emas terbesar di Eropa yang akan menggunakan bahan beracun sianida.

Warga di Bukares menentang rencana pembukaan tambang emas.
Foto : AP
Kira-kira 2.500 orang berdemonstrasi di ibukota Romania, Bukares untuk menentang rencana pembukaan tambang emas terbesar di Eropa yang akan menggunakan bahan beracun sianida dalam proses penambangannya.

Tambang emas itu akan dioperasikan oleh sebuah perusahaan Kanada, dengan meratakan empat puncak gunung dan membuat tambang terbuka.

Demonstran itu berteriak-teriak “selamatkan Rosia Montana”, yang mengacu pada sebuah kota di Romania barat-laut, dimana tambang itu akan dibangun.

Demonstrasi yang juga diikuti oleh para pencinta lingkungan dan pakar-pakar sejarah, mendesak DPR supaya jangan memberi izin pembukaan tambang emas itu.

Sejak seminggu terakhir, aksi-aksi protes telah berlangsung di ibukota Bukares dan kota-kota lainnya menentang rancangan undang-undang yang akan mengizinkan perusahaan Kanada 'Gabriel Resources' membuka tambang emas dan perak di negeri itu.

Sumber : VOA-Indonesia
Share on Google Plus

About Unknown

Petualang muda yang suka apa saja kecuali belajar berhitung, jatuh cinta dunia Petualangan dan Alam Indonesia. Juga seorang pengagum pohon Bambu dan bunga Dandelion.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: