basecamp

Sail Indonesia 2014 di Raja Ampat

Sebuah pulau kecil dengan lubang di tengahnya bisa dijumpai sebelum masuk
ke kawasan Kepulauan Wayag, Raja Ampat. Foto: Dok. Kompas TV
LABUAN BAJO - Ketua Panitia Pengarah Sail Komodo, Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Agung Laksono mengatakan pelaksanaan Sail Indonesia 2014 dilakukan di Raja Ampat, Papua.

"Sail untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi dan mengembangkan destinasi wisata, karena itu tahun depan kita akan adakan di Raja Ampat," kata Agung Laksono pada puncak acara Sail Komodo di Labuan Bajo, NTT, Sabtu (14/9/2013).

Sail seperti yang dilaksanakan saat ini di Labuan Bajo, menurut Menko Kesra, juga sebagai implementasi pelaksanaan direktif tentang percepatan pembangunan yang mencakup Pengembangan Pertanian Terpadu, Pengembangan Perikanan dan Kelautan, Pengembangan Pariwisata, Peningkatan Infrastruktur, dan Penanganan Warga Baru.

Kegiatan sail sangat tepat dilaksanakan karena sesuai dengan Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) Koridor V yang menitikberatkan pengembangan pariwisata.

Sebelumnya, Menko Kesra mengatakan tujuan pelaksanaan Sail Indonesia untuk pemberdayaan masyarakat setempat dengan memberikan pelatihan-pelatihan bermanfaat yang menunjang usaha kecil menengah untuk pengembangan sebuah destinasi wisata, seperti kerajinan, tour wisata, hingga penyediaan akomodasi yang menunjang wisata.

Sementara itu, Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif C Sutardjo mengatakan dukungan untuk pengembangan wisata bahari akan diberikan pada setiap pascapelaksanaan Sail Indonesia.

"Kita perlu melihat apa yang perlu kita kembangkan lebih cepat lagi di satu daerah, sehingga kegiatan sail-sail ini benar-benar dapat dirasakan manfaatnya," katanya.


Sumber : Antara/Kompas
Share on Google Plus

About Unknown

Petualang muda yang suka apa saja kecuali belajar berhitung, jatuh cinta dunia Petualangan dan Alam Indonesia. Juga seorang pengagum pohon Bambu dan bunga Dandelion.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: