Pulau Simping – Pulau Terkecil

Soal pariwisata, Indonesia menjadi salah satu negeri terkuat di Asia. Bukan hanya Bali, banyak pulau dan pantai yang amat menarik minat wisatawan.

Satu lagi keunikan dan kelebihan akan alam Indonesia yang diakui dunia, yakni sebuah pulau terkecil di dunia yang ada di Kalimantan Barat. Nama pulau terkecil tersebut adalah Pulau Simping atau dikenal juga dengan nama Pulau Kelapa Dua yang terletak di Teluk Mak Jantu, tepatnya berada di kawasan wisata pantai Sinka Island Park, Singkawang.


Pulau ini merupakan daratan yang terdiri dari pasir dan bebatuan yang ditumbuhi beberapa pohon diatasnya. Disana juga terdapat semacam kelenteng kecil sebagai tempat warga Tionghoa bersembahyang.

Di pulau mungil ini pun tersedia suguhan pemandangan pantai, laut dan perbukitan yang indah mengelilinginya. Maka tak heran jika pulau ini hampir tak pernah sepi pengunjung, dan rekor sebagai pulau terkecil dunia tersebut sudah dicatat oleh PBB atau Perserikatan  Bangsa Bangsa sehingga keberadaannya sebagai pulau terkecil sudah diakui oleh dunia internasional.


Untuk menjangkaunya tidaklah sulit, hanya 20 menit dari kota Singkawang menuju Pantai Teluk Mak Jantu. Jika dari arah Pontianak membutuhkan waktu sekitar 3 Jam perjalanan menuju ke arah Kota Singkawang.

Nah, jika Anda kebetulan mampir ke Pontianak, jangan lewatkan untuk melihat pulau terkecil di dunia ini, ya!

Indonesia memang negara kaya. Luas, kaya, dan indah.


Berbagai Sumber
Share on Google Plus

About Gidion Yuris Triawan

Petualang muda yang suka apa saja kecuali belajar berhitung, jatuh cinta dunia Petualangan dan Alam Indonesia. Juga seorang pengagum pohon Bambu dan bunga Dandelion.
Post a Comment