Pulau Labengki, Raja Ampat-nya Sulawesi Tenggara

Pulau Labengki nan eksotik. Foto: Ahmad Nizar/Sindo TV
MUNGKIN nama Raja Ampat tidak asing lagi bagi wisatawan Nusantara, bahkan dunia. Semua perhatian kemudian tertuju pada wilayah timur Indonesia, yaitu papua. Siapa sangka, di Sulawesi Tenggara juga terdapat gugusan pulau karang yang berderet hingga menjadi gugusan pulau karang besar dan kecil, yang diberi nama Pulau Labengki.

Pulau Labengki masuk dalam wilayah administratif Kabupaten Konawe Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara. Banyak yang bilang Pulau Labengki mirip Raja Ampat, alias Raja Ampat-nya Sulawesi Tenggara. Hal ini cukup berdasar karena di Pulau Labengki berdiri sejumlah gugusan pulau karang besar dan kecil sehingga dipetakan menjadi Pulau Labengki besar dan Pulau Labengki kecil.

Pesona Pulau Labengki, Raja Ampat-nya Sulawesi Tenggara.
Selain memiliki puluhan titik penyelaman yang cukup berkelas, lokasi ini juga menjadi penempatan salah satu spesies kima terbesar di dunia, yaitu Kimabo. Ukuran kima-nya mencapai 50cm dan tercatat sebagai kima terbesar kedua di dunia. Lokasi ini juga dijadikan pusat penelitian spesies kima oleh para akademisi dan ilmuwan kelautan karena terdapat penangkaran sejumlah spesies kima oleh tim konservasi kima toli-toli.

Pulau Labengki, selain memiliki pemandangan alam yang eksotik, para pengunjung atau wisatawan bisa bermain-main atau berinteraksi langsung dengan ribuan lobster sambil memberi makan atau sekadar berfoto underwater.

Pesona Pulau Labengki, Raja Ampat-nya Sulawesi Tenggara.
“Pulau Labengki akan menjadi diestinasi wisata berkelas dunia seperti Raja Ampat jika bisa dikemas dengan baik, mulai dari promosi hingga infrastrukturnya,“ kata Habib, Ketua Tim Konservasi Kima Toli-Toli yang telah lama berkiprah di daerah ini.

Pulau Labengki bisa dijangkau dengan perjalanan dari berbagai rute. Salah satunya, jika beranjak dari Kota Kendari, Ibu Kota Provinsi Sulawesi Tenggara, Anda bisa melalui jalan darat sekitar 1 jam menuju daerah Toli-Toli Kabupaten Konawe. Dari Toli-Toli, lanjutkan perjalanan dengan kapal kurang lebih tiga jam perjalanan untuk tiba di Pulau Labengki.


Sumber: Travel Okezone
Share on Google Plus

About Gidion Yuris Triawan

Petualang muda yang suka apa saja kecuali belajar berhitung, jatuh cinta dunia Petualangan dan Alam Indonesia. Juga seorang pengagum pohon Bambu dan bunga Dandelion.
Post a Comment