Peralatan Wajib Bagi Pendaki Gunung

Bagi anda yang memiliki hobi berpetualang atau mendaki di alam bebas, tentu memerlukan peralatan untuk menunjang kegiatan tersebut, dan pada akhirnya untuk memperoleh peralatan itu mau tidak mau adalah dengan cara membeli. 

Harga peralatan yang tidak murah juga sering menjadi kendala bagi sahabat petualang, tetapi selain itu fungsinya yang utama, maka membeli peralatan pendakian mungkin adalah sebuah keharusan.
Berikut daftar peralatan yang harus ada dan wajib dibawa saat melakukan pendakian;

1.  Tenda Dome/Kubah. 
Di gunakan untuk tidur dan beristirahat bagi kita jika lelah dalam melakukan kegiatan pendakian gunung. Pastikan saat membeli tenda itu di lihat apakah tenda tersebut tahan dalam berbagai cuaca dan tak menyerap air. Dan lebih baik tak menggunakan tenda Pramuka untuk kegiatan pendakian, karena selain tak tahan air juga repot saat mendirikan, dingin dan ada tulisan Pramuka Siaga!. 

Tenda dome sangat simple dalam pemakaian, makanya saat membeli, penjualnya kita suruh membuka tenda yang akan kita beli dan mempraktekkan cara mendirikannya. Selain itu juga sesuaikan ukuran muatan atau daya tampung tenda tersebut. Karena jika terlalu banyak orang dan ukuran sempit, maka bisa di bayangkan apa yang terjadi, saling tindih menindih!

2.  Ransel backpaking/Carrier. 
Untuk memuat peralatan kecil serta baju ganti kita, dan juga alat -alat kita untuk membersihkan badan semisal sabun, pasta gigi dll. Dan cek juga ukuran luasnya untuk perbekalan kita, dan tak memberatkan kita. Dari pengalaman, ini juga harus ada di setiap kegiatan pendakian anda. 

Ukuran ransel juga disesuaikan dengan tinggi badan kita, jika kita tak terlalu tinggi, janganlah lalu membawa tas untuk kondangan ibu kita di rumah. Jadi aneh nantinya. Sebelum di bayar, praktekkan dahulu cara pemakaiannya agar tak bingung nantinya, minta saran sama yang menjual.

3.  Sleeping Bag/Kantong Tidur. 
Alat yang penting untuk tidur kita agar terasa hangat, pilihlah yang berbahan sintetis karena akan melindungi kita dari air hujan. Belilah Sleeping bag yang berkualitas, karena demi kesehatan juga badan kita. Tak disarankan menggunakan kantong plastik sebagai pengganti sleeping bag, karena nantinya akan mirip gelandangan di hutan. 

Pilihlah sleeping bag yang ruangan dalamnya cukup luas dan lega agar nanti kita tak jadi mirip mummy atau pocong. Cari dan pilihlah yang sesuai selera sahabat semua dan budget tentunya terserah anda. 

4. Trangia/Nesting/Alat Masak.
Nesting
Alat yang satu ini sangat penting sekali untuk menjadi peralatan wajib bagi para petualang. Ringan, ringkas dan tidak makan banyak tempat di tas carrier, cocok sekali untuk digunakan sebagai peralatan memasak saat outdoor.

Alat ini adalah alat yang bakal kita gunakan untuk memasak, bedanya Nesting dengan trangia yaitu Nesting bisa kita gunakan juga sebagai penyimpan peralatan seprti mneyimpan beras, sedangkan Trangia adalah 1 set peralatan masak, jadi sudah ada Panci, Wajan, Ceret, dan kompornya, dan lebih terlihat lengkap dan mewah dibandingkan Nesting.
Trangia

Tadi alat -alat pendakian yang harus ada dan wajib di bawa saat mendaki gunung. Semoga berguna ya sahabat alam semua. 

Bila ada yang mau menambahkan silahkan tuliskan dalam komentar di bawah.
Salam Petualang...


Berbagai Sumber
Share on Google Plus

About Gidion Yuris Triawan

Petualang muda yang suka apa saja kecuali belajar berhitung, jatuh cinta dunia Petualangan dan Alam Indonesia. Juga seorang pengagum pohon Bambu dan bunga Dandelion.
Post a Comment