basecamp

Ngarai Terbesar Ditemukan di Lapisan Bawah Es Greenland

Ada ngarai besar di bawah Greenland
Baru baru ini, salah satu ngarai terbesar di dunia telah ditemukan oleh para peneliti secara tidak sengaja saat mereka sedang melakukan penelitian perubahan iklim dengan memetakan batuan dasar di Greenland menggunakan radar. Bentuk geografis ngarai yang juga merupakan bekas sungai ini bertahan selama jutaan tahun. 

Ngarai sepanjang 800 km itu ditemukan di bawah lapisan es kawasan Greenland dengan kedalaman 800 meter. Menurut para peneliti ngarai tersebut terbentuk karena sebelumnya lokasi itu merupakan sebuah sungai besar yang ada 4 juta tahun lalu sebelum es tiba di kawasan tersebut. 

Lembaga The British Antartic Survey mengatakan penemuan ngarai besar yang belum pernah dilihat sebelumnya ini adalah sesuatu yang luar biasa. Ngarai ini lebih panjang dari Grand Canyon di Arizona, AS. Profesor David Vaughan dari Britis Antartic Survey, BAS mengatakan kepada BBC News bahwa temuan ini menunjukan masih banyak hal yang belum terungkap di kawasan Greenland. 

Lapisan Es Greenland.
"Lapisan es di Greenland dan Antartika masih menyembunyikan banyak hal. Temuan ini sangat mengejutkan karena Greenland merupakan kawasan yang tidak besar untuk ngarai sebesar ini. Mengetahui bahwa ngarai itu bisa bertahan dengan bentuknya setelah mengalami perubahan iklim dan diselimuti es seperti ini adalah sesuatu yang penting," kata Vaughan. 

Temuan ini juga menunjukan bahwa untuk pertama kalinya ngarai ini bisa dilihat oleh manusia karena ketika terbentuk empat juta tahun lalu manusia belum tercipta di bumi. 

Memahami kondisi es di Greenland memang menjadi penting jika dikaitkan dengan perubahan iklim. Jika es di kawasan Greenland mencair maka cairan esnya akan menaikan ketinggian air laut global hingga tujuh meter dan akan menggenangi banyak kota besar. 

Apa yang dimaksud dengan Ngarai? 
Ngarai atau disebut sebagai canyon dalam bahasa Inggris Amerika atau canon dari bahasa Spanyol, adalah sebuah lembah dalam yang bersisi terjal yang terbentuk akibat erosi aliran air sungai. 

Ngarai-ngarai terbesar termasuk: 
Grand Canyon di Arizona, Amerika Serikat 
Copper Canyon di Chihuahua, Meksiko 

Sumber : Op-Vey/BBCIndonesia/museum geologi/wikipedia
Share on Google Plus

About Unknown

Petualang muda yang suka apa saja kecuali belajar berhitung, jatuh cinta dunia Petualangan dan Alam Indonesia. Juga seorang pengagum pohon Bambu dan bunga Dandelion.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: