basecamp

Rencana Mesir Sabotase Sungai Nil Terbongkar

Sungai Nil.  */ist
KAIRO – Pemerintah Mesir berencana menyabotase bendungan milik Ethiopia di Sungai Nil. Namun, rencana itu terbongkar secara tidak sengaja dalam sebuah acara televisi.

Presiden Mohamed Mursi dan beberapa tokoh oposisi tidak sadar sedang siaran langsung saat membahas rencana tersebut. Kejadian itu langsung menjadi skandal di tengah masyarakat Mesir.

Dalam siaran tersebut, tokoh oposisi, Ayman Nour, menyarankan pemerintah menyebar rumor pembelian jet tempur oleh militer Mesir. Dia juga meminta intelijen Mesir mengirim mata-mata ke Ethiopia.

Politisi Mesir lainnya, Younis Makhyoun, mengusulkan Mesir mensponsori kelompok pemberontak di Ethiopia. Dia berharap hal itu dapat membantu menekan Ethiopia.

“Bendungan itu merupakan ancaman strategis bagi Mesir,” pungkas Makhyoun dalam siaran itu, seperti dikutip AFP, Rabu (5/6/2013).

Hubungan antara Mesir dan Ethiopia memang sedang tegang. Mesir memprotes rencana Ethiopia mengalihkan air Sungai Nil ke bendungan yang baru saja mereka bangun. 
Mesir takut pengalihan tersebut akan menghancurkan sektor pertanian Mesir. Lahan pertanian di Mesir memang bergantung dengan air dari Sungai Nil. Ethiopia sendiri membangun bendungan untuk kebutuhan listriknya.


Sumber : Info Dunia & Militer, Rabu, 5 Juni 2013
foto : tecnorati[.]com
Share on Google Plus

About Unknown

Petualang muda yang suka apa saja kecuali belajar berhitung, jatuh cinta dunia Petualangan dan Alam Indonesia. Juga seorang pengagum pohon Bambu dan bunga Dandelion.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: