basecamp

Ternyata, Polusi Bisa Membuat Bumi Lebih Sejuk


Polusi yang terbuat dari aktivitas manusia di bumi umumnya diklaim sebagai faktor utama dari perubahan iklim, sering juga disebut menjadi aktor utama dari peningkatan suhu global. Namun studi terbaru menyatakan bahwa polusi ternyata juga bisa membuat Bumi lebih terasa sejuk. 

Dikutip ScienceWorldReport, studi terbaru ini memberikan kemungkinan lain, bahwa polusi ternyata juga dapat memberikan dampak pendinginan pada Bumi melalui efeknya di awan. "Kami melakukan beberapa perhitungan efek pada iklim dan menemukan bahwa efek pendinginan pada iklim global muncul dari peningkatan efektivitas benih awan," ujar Gordon McFiggans, penulis studi tersebut. 

Awan dapat membuat efek pemanasan dan pendinginan di bumi, tergantung bagaimana cara terbentuknya. Tetesan air kental adalah substansi awan, dengan ukuran partikel yang secara langsung berkaitan dengan kecerahan awan. "Tetesan yang lebih banyak akan menyebabkan awan lebih terang bila dilihat dari atas, mengartikan ada lebih banyak sinar matahari yang masuk," tambahnya. 

Polusi akan melepaskan efek dari senyawa organik yang membuat mereka naik menjadi partikel. Karena sifat dari polusi, partikelnya akan menyebabkan tetesan yang lebih besar untuk membentuk awan, dan hasilnya adalah awan yang lebih terang, dan akan memantulkan sinar matahari sehingga bumi pun menjadi lebih sejuk. Namun, para peneliti juga menegaskan bahwa efek ini tidak cukup kuat untuk memerangi pemanasan secara global. 

Sumber : (Op-Vey/Inilah)
Share on Google Plus

About Unknown

Petualang muda yang suka apa saja kecuali belajar berhitung, jatuh cinta dunia Petualangan dan Alam Indonesia. Juga seorang pengagum pohon Bambu dan bunga Dandelion.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: