ILMUWAN BUATKAN EKOR BARU BAGI BUAYA BUNTUNG


Seekor buaya berusia 11 tahun, mengalami luka gigitan oleh salah satu hewan bertaring ketika ia kecil hingga menyebabkan ekor buaya malang itu putus. Ilmuwan berusaha menyelamatkan masa depan buaya tersebut dengan membuat prosthetic tail (ekor palsu). 


Buaya yang hidup di Arizona ini kini telah dipasangi dengan ekor buatan. Stubbs sang buaya yang memiliki panjang tujuh kaki ini merupakan satu dari 32 buaya yang disita dari sebuah truk dekat Casa Grande pada 2005.

Dilansir Digitalspy, Rabu (13/3/2013), Stubbs kemudian dibawa ke Phoenix Herpetological Society untuk mendapatkan perawatan. Kini, ia mendapatkan ekor buatan dengan panjang 3 kaki. Ekor palsu ini dibuat oleh para pekerja di CORE Institute yang terletak di Phoenix, Amerika Serikat. Biasanya, para pekerja ini menangani perawatan ortopedi untuk manusia.

Sarah Jarvis dari CORE mengatakan teknologi membuat cetakan ekor buaya ini bisa diterapkan, tidak hanya untuk bidang ortopedi pada manusia tapi juga pada hewan. Selain itu, pengetahuan yang didapat dan diterapkan pada hewan merupakan sebuah kepedulian dan rasa cinta kasih pada mahluk ciptaanNYA. Sarah berharap, dengan ekor baru ini, Stubbs bisa mempelajari bagaimana menggunakan ekor barunya dengan benar. 

(KF-EDU/Vey/Okezone/foto: Treehugger)
Share on Google Plus

About Gidion Yuris Triawan

Petualang muda yang suka apa saja kecuali belajar berhitung, jatuh cinta dunia Petualangan dan Alam Indonesia. Juga seorang pengagum pohon Bambu dan bunga Dandelion.
Post a Comment